Jumat, 14 Mei 2010

"Cara Manual Mendeteksi Keberadaan VIRUS Tanpa Antivirus :

Disini Diasumsikan kamu adalah sebagai administator komputernya, berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan :


1. Tekan tombol CTRL+ALT+DEL, kalau ada pesan kesalahan itu adalah tanda pertama adanya virus
2. Buka My Computer, klik menu Tool, apakah ada menu Folder Option, jika t
idak ada itu adalah tanda kedua.
3. Sama dengan atas, Folder Optionnya tampak. Coba lihat tab view, dan pilih show hidden files and folder. Juga hilangkan tanda pada Hide protected operating system files (recomended). Tutup jendela my computer, lalu buka my computer lagi. Seharusnya sekarang semua file-file tersebunyi sudah tampak. Cirinya adalah folder yang berwarna kuning pucat (bedakan ama folder biasanya) dan file yang keliatannya agak agak ga jelas gitu. Itu tanda ketiga.
4. Akses ke harddisk menjadi semakin lambat .Coba kamu diamkan komputer kamu dan jangan melakukan aktifitas apapun di komputer selama 10 menit (screen saver harus didisable). Lihat lampu harddisk, apakah ada aktivitas. Kalau ada berarti memang terkena virus.
5. Kalau kamu berhasil membuka Task Manager lewat CTRL+ALT+DEL, perhatikan apakah ada proses yang aneh (agak riskan sich, kalau kamu ga tau apa aja yang ada dalam proses itu)
Virus biasanya menular lewat media flash disk, email, membuka attachment file yang ga jelas, disket (hari gini...?!)
Untuk pencegahan pertama kamu bisa pasang PCMAV, sebelum kamu memasang antivirus lain, karena PCMAV ga perlu diinstall dan dapat langsung mendeteksi virus yang lagi aktif di memory.
Setelah itu, kamu bisa pasang antivirus apa aja, yang penting sesuai dengan spek komputer kamu (jangan maksain masang norton di spek komputer yang kurang, karena akan memberatkan), dan jangan lupa untuk selalu diupdate. Setelah diupdate dengan data terbaru, jalankan periksaan keseluruhan data yang ada dikomputer kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar